Indonesia merupakan Negara berkembang yang terdiri dari
beragam suku dan golongan. Sebagian besar dari mereka belakangan ini
berusaha menjadi seorang entrepreneur dengan menjalankan Usaha Kecil Menegah (UKM).
Ide bisnis yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia pun
cukup banyak yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Namun, semenarik
apapun juga ide bisnis UKM yang mereka miliki, tentu saja akan tetap
membutuhkan sebuah strategi pemasaran yang brilian.
Sebuah strategi pemasaran yang baik agar bisa menjual produk
atau jasa pastinya membutuhkan perencanaan serta pengetahuan tentang
prinsip-prinsip pemasaran. Berikut ini adalah beberapa hal penting dalam sebuah
pemasaran bisnis UKM yang perlu Anda ketahui.
Lakukan secara berulang
Pemilik usaha kecil menengah biasanya melihat suatu upaya
pemasaran sebagai salah satu hal penting yang perlu dilakukan. Tugas tersebut
membutuhkan waktu lama, namun langkah-langkah dalam pemasaran tersebut telah
mewakili garis hidup sebuah perusahaan. Pemasaran jika dilakukan hanya sekali
dan sedanya saja maka akan membuat arus kas stagnan atau tidak berkembang.
Sedangkan upaya pemasaran yang dilakukan secara berulang-ulang akan
menghasilkan penjualan yang sangat baik.
Teknik
Tenaga pemasaran yang profesional umumnya memahami sebuah
dasar-dasar pemasaran. Testimonial serta dukungan dari kaum selebriti sudah
mewakili satu kekuatan persuasi bahwa produk atau jasa ini telah digunakan oleh
orang untuk mempengaruhi banyak orang.
Solusi
Materi untuk strategi pemasaran yang dirancang sebaiknya
bisa menjual sebuah solusi atau jawaban, bukan barang maupun jasa. Sebagai contohnya
saja, menjadi seorang penulis haruslah bisa memasarkan dirinya sebagai
seseorang yang bisa memberikan atau memperbaiki suatu masalah, bukan sebagai
seorang profesional kreatif yang mengesankan.
Kompleksitas
Mempublikasikan sebuah daftar periksa dan memandu
rekan-rekan yang lain melalui labirin kompleks merupakan bagian dari strategi
pemasaran. Sebuah daftar periksa disini mungkin akan menjelaskan suatu
seluk-beluk teknologi yang baru, sebagaimana mestinya untuk bisa terlibat dalam
pemasaran dan dapat menarik para pengunjung ke situs website Anda. Dasar-dasar
dari optimasi mesin pencarian dan pemilihan kata kunci merupakan keterampilan
yang harus dipelajari untuk bisa bertahan hidup dalam pemasaran di masa modern
seperti sekarang ini.
Semoga informasi mengenai beberapa poin atau hal penting
dalam sebuah pemasaran bisnis UKM diatas bisa memberikan banyak manfaat bagi
Anda para pemula dan pemilik bisnis. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses! Red**
[bisnisukamCom]
0 comments:
Post a Comment